tidak sama dengan mesin
dieselkonvensional. Di sini, injektor bekerja menggunakan teknologi solenoid
atau elektrik.Pada mesin lama, injektor bekerja dengan hidro-mekanik. Malah
versi terakhir, generasike-3, injektor bekerja secara piezo-elektrik.Injektor
mesin diesel modern sama dengan injektor mesin bensin yang menggunakansistem
injeksi. Dalam hal ini, injektor diaktifkan oleh arus listrik yang diatur
olehkomputer.Jumlah solar yang akan disemprotkan diatur berdasarkan lamanya
nosel membuka.Komputer mengatur kerja injektor ini berdasarkan informasi yang
diterima dari sensor-sensor lain, misalnya putaran mesin, tekanan regulator,
tekanan bahan bakar, suhu solar, posisi pedal gas, putaran mesin, silinder,
tekanan turbo, aliran udara, air pendingin,kecepatan kendaraan dan
seterusnya.Rangkaian komponen tersebut jelas tidak diperlukan atau tidak ada
pada mesin dieselkonvensional. Komputer juga menentukan waktu injeksi
(injection timing) berdasarkansinyal yang diterimanya dari sensor di kruk as
atau roda gila.Dengan demikian, mesin diesel common rail, mampu memenuhi
harapan banyak orang.Untuk mengurangi getaran misalnya, cukup dilakukan dengan
menyemprotkan bahan bakar secara bertahap untuk mencegah timbulnya ledakan
besar bila dilakukansekaligus. Cara ini mirip seperti orang melakukan pembelian
secara kredit. Kalau pembayaran dilakukan sekaligus, ‘kantung langsung
meledak’.Di lain hal, karena tekanan pada sistem pasokan bahan bakar sangat
tinggi, molekulsemprotan lebih kecil dan merata. Hasilnya, pembakaran
berlangsung mulus dan lancar.Tekanan tinggi dari common rail terus ditingkatkan
untuk mesin-mesin diesel masamendatang.Kini, para pakar mesin diesel sudah
ancang-ancang menaikkan tekanan sampai 2000 bar. Dengan tekanan setinggi
itu ditambah lagi dengan kemampuan komputer mengatur waktu injeksi yang
lebih fleksibel, para ahli sudah menyimpulkan, mesin diesel nantinya
tak lagi memerlukan glow plug atau
busi pijar untuk menghidupkan mesin di pagihari. Caranya, cukup dengan menunda
waktu penyemprotan bahan bakar.Daya tarik lain dari mesin diesel adalah
turbocharger.
Perbandingan kompresi yangtinggi,
membuat turbo lebih “sreg” hidup bersama dengan mesin diesel
ketimbangan bensin. Karena itu jangan heran, kemampuan mesin diesel
menghasilkan tenaga akanmenyamai mesin bensin. Sedangkan efisiensi atau
keiritan, tak bisa ditandingi oleh mesin bensin.
Generasi
Common Rail:
Ke-1: Injektor yang bekerja denga
solenoid dengan tekanan injeksi sampai 1350 bar Ke-2: Injektor solenoid
dengan tekanan injeksi ampai 1600 bar Ke-3: Piezo injektor dengan tekanan
1800 bar.Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan
common rail,mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil
premium sepertiJaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan
mesin diesel denganteknologi terbaru tersebut.Sebagai contoh, Fiat sudah
berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hpdengan konsumsi bahan
bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi
hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat
dankapal.Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya
dengan mesindiesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah,
seperti KijangInnova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail
kesulitanmendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan
produsennya.Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina,
makin sulit diperoleh.Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan
bahan bakar minyak lain.Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah
harga bensin terbaik.Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak
untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka
akan kembali mendapatkan nilaiekonomisnya dibandingkan mobil bermesin
bensin. Diesel vs BensinSebelum mendalami common rail, kita bahas dulu
tentang mesin yang digunakan secaraumum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak.
Untuk ini, hanya ada dua jenis,yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya
solar.Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression
ignition) atau
mesin dengan penyalaan kompresi.
Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition),mesin dengan penyalaan bunga
api (busi). Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang
dimampatkan atau dikompresi didalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan
udara menjadi sangat tinggi. Begitu jugasuhunya, mencapai titik bakar solar. Karena
itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu,langsung terbakar. Dengan cara ini,
mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaanatau percikan bunga api.Untuk
mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi.
Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 - 12 :
1. Perbandingankompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi
perbandingan kompresi, lebihefisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan
kompresi tidak bisa ditentukan begitusaja. Harus juga mempertimbangkan sifat
dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan Diesel Common Rail vs Diesel
KonvensionalPerbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan
konvensional adalah caramemasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada
antara pompa injeksi daninjektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa
injeksi atau mekanik awammenyebutnya Bosch pump dan injektor. Cara kerja
common rail sama konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor
yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan wadah
atau rel yangsama. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi
bensin. Sedangkanmesin diesel konvensional, setiap injektor mendapatkan pasokan
solar sendiri-sendirilangsung dari pompa injeksi.Tekanan bahan bakar dalam rel
sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah
mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakansekarang menjadi
26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji25 bar dan
CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkantentu
saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin
makinefisien.
bentonamaku
:Mesin injeksi konvensiona, injeksi
langsung. Injektor langsung mendapatkan pasokan bahan bakar dari pompa distribusiMesin
injeksi bensin, pembakaran dipicu oleh busi